Resep Baso Daging Sapi Unyu Unyuk

Resep baso daging sapi sebagai camilan sedap nan menggugah selera ini tetunya banyak dicari orang ketika sedang lapar ketahui cara membuat bakso. Dengan banyaknya berita miring yang ada di berita belakangan ini tentunya membuat kita berpikir ulang ketika akan membeli baso, memang tidak semua penjual baso berbuat curang, ada juga penjual baso daging sapi yang tidak menggunakan bahan berbahaya.

Bakso memang makanan jenis masakan yang sangat laris dibeli orang setiap harinya. Rasa pedas dan segar tak akan terlupakan apalagi dimakan waktu hujan turun sama sang pacar, wuih romantis. Maksudnya judul unyu unyuk diatas artinya mantab luar biasa. 

resep baso daging sapi
Gambar baso daging sapi : en.wikipedia.org

Oleh karena itu tidak ada salahnya jika kita membuat sendiri baso sapi tersebut, berikut adalah resep baso daging sapi unyu unyuk ; Pelajari juga: Resep semur daging sapi

Resep bakso daging sapi

½ kg     daging sapi 
½ sdt    lada bubuk
½ sdt    pala bubuk
100 g    tepung kanji
1 sdm   bawang putih goreng
2 sdm   bawang merah goreng
40 g      es batu yang telah dihaluskan
2000 ml air

Cara masakan baso daging sapi 

1.     Cara masak baso daging sapi yang pertama adalah dengan mencuci bersih daging sapi dengan menggunakan air es, kemudian dihaluskan.
2.     Cara masak daging sapi yang kedua adalah dengan mencampurkan bawang putih, tepung kanji, pala bubuk, lada bubuk, bawang merah, aduk hingga rata.
3.     Cara masak daging sapi yang ketiga adalah merebus air dalam panci dengan menggunakan api sedang hingga mendidih.
4.     Cara masak daging sapi yang keempat adalah dengan mengambil adonan baso, genggam adonan agar adonan dapat keluar melalui sela-sela jari telunjuk dan ibu jari, kemudian ambil menggunakan sendok dan masukkan ke dalam panci yang sudah berisi air mendidih. Lakukan hal tersebut hingga adonan habis.
5.     Cara masak daging sapi yang kelima adalah  biarkan hingga adonan baso sapi mengambang, jika sudah demikian maka baso sapi sudah matang dan siap untuk dihidangkan.

Namun tidak lengkap jika kita hanya membuat basonya saja, baso sapi akan terasa lengkap jika disajikan dengan kuahnya. Berikut cara membuat  baso sapi atau kuah baso sapi.

Bahan kuah bakso

2 btg    daun bawang diiris harus
2 ltr       air
1 siung             bawang putih
½ sdt    merica
3 sdt     garam
600 g    tulang sapi

Kuah baso sapi adalah dengan menghaluskan semua bahan terkecuali tulang, kemudian rebus semua bahan termasuk tulang selama 20 menit. Semakin lama direbus maka kuah akan semakin kental dan nikmat. Sebagai tambahan kita dapat menambahkan bawang goreng, seledri, dan mie atau bihun jika suka.

Sebuah tips sederhana untuk resep baso daging sapi dan juga kuah adalah tambahkan sedikit daging ayam agar rasa baso semakin gurih. Kita dapat menambahkan daging ayam pada adonan baso dan tulang ayam pada kuah baso.



@



0 comments:

Post a Comment - Kembali ke Konten

Resep Baso Daging Sapi Unyu Unyuk